Disunnahkan bagi siapa saja yang hendak berkurban hendaknya tidak memotong kuku, rambut dan bulu-bulu yang ada di tubuh. Hal ini diperintahkan oleh Rasulullah SAW, sanadnya dari Ummu Salamah :

إِذَا رَأَيْتُمْ هِلاَلَ ذِى الْحِجَّةِ وَأَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يُضَحِّىَ فَلْيُمْسِكْ عَنْ شَعْرِهِ وَأَظْفَارِهِ

“Jika kalian telah menyaksikan hilal Dzul Hijah (maksudnya telah memasuki satu Dzulhijah) dan kalian ingin berqurban, maka hendaklah shohibul qurban membiarkan (artinya tidak memotong) rambut dan kukunya.”

Apabila tetap memotong maka dihukumi makruh tanzih, dalam arti tidak makruh jika orang tersebut tidak hendak berkurban. Dalam kitab Anwarul Masalik dijelaskan :

باب الأضحية هي سنة مؤكدة يندب لمن ارادها ان لا يحلق شعره ولا يقلم ظفره فى عشر ذى الحجة حتى يضحى فان ازال شيأ من ذالك كره كراهة تنزيه

"Bab Qurban. Qurban itu sunnah muakkadah. Disunnahkan bagi yang hendak berkurban untuk tidak mencukur rambut dan memotong kuku di 10 hari pertama dzulhijjah sampai dengan ia memotong qurbannya. Apabila ia menghilangkan sesuatu dari rambut atau kukunya maka makruh tanzasalik)

Dalam kitab Busyrol Karim, dijelaskan seperti ini

و يكره) لمريد التضحية عن نفسه او اهداء شئ من النعم (ان يزيل شيئا من شعره او غيره) كظفره و سائر اجزائه الظاهرة الا الدم على خلاف فيه (فى عشر ذى الحجة) و ما بعدها من ايام التشريق ان لم يضح يوم العيد (حتى يضحى) للامر بالامساك عن ذلك في خبر مسلم. و حكمته شمول المغفرة و العتق من النار لجميعه لا التشبه بالمحرمين و الا لكره نحو الطيب و قيل يحرم مالم يحتاج اليه و عليه احمد فان احتاج فقد يجب كقطع يد سارق و ختان بالغ و قد يسن كختان صبي و قد يباح كقطع سن وجعة بشرى الكريم ٢/١٢٨

"Dan makruh bagi orang yang hendak berkurban untuk dirinya atau qurban hadiah, memotong sesuatu dari rambutnya atau lainnya, seperti kukunya. Dan juga makruh seluruh anggota tubuhnya kecuali darahnya, pada tanggal 1-10 Dzulhijjah atau sesudahnya pada hari Tasyrik apabila tidak memotong qurban pada hari raya sehingga dia berqurban, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Dan hikmahnya Supaya seluruh anggota badannya mendapat pengampunan dari api neraka. Dan tidak sama hukumnya dengan orang yang ihram, maka boleh memakai wewangian. Sebagian pendapat mengatakan haram ketika tidak diperlukan. Apabila diharuskan maka wajib memotong anggota badan, seperti memotong tangan pencuri dan khitan bagi yang sudah balig, dan sunnah memotong untuk khitan anak yang belum baligh dan dibolehkan seperti mencabut gigi yang sakit." (Busyrol Karim)

Karena tidak sama dengan orang yang ihram, maka boleh bercampur dengan istri memakai wewangian dan memakai baju berjahit, sebagaimana di jelaskan oleh Imam Nawawi dalam Syarah Muslim:

وقيل : التشبه بالمحرم ، قال أصحابنا : هذا غلط ؛ لأنه لا يعتزل النساء ولا يترك الطيب واللباس وغير ذلك مما يتركه المحرم

Resource: PISS-KTB
potong kuku